Sabtu, 16 Juni 2012

Krim Pemutih Wajah

Seorang wanita pastilah inginnya tampil cantik dan menarik, dan itu sudah menjadi kodrat dari Yang Maha Kuasa. Cantik itu relatif. Cantik bisa dari luar dan dari dalam hatinya. Tapi kebanyakan orang tetap beranggapan bahwa cantik itu identik dengan wajah dan bentuk tubuh yang sempurna, tinggi semampai, berat yang ideal atau bisa dikatakan langsing, warna kulit tubuh dan wajah yang putih bersih dan halus bak seorang model iklan di TV.


Dengan kodratnya ini pula yang menyebabkan para wanita dengan kondisi fisik yang menurut mereka kurang sempurna, menginginkan mempunyai wajah yang cantik dan tubuh yang sempurna. Mereka menggunakan berbagai cara untuk merubah diri mereka. Misalnya dengan menggunakan pemutih wajah dan melakukan operasi plastik.
Pemutih muka atau wajah termasuk barang kosmetik yang berupa krim yang mengandung bahan-bahan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan obat-obatan kimia. Penggunaan pemutih muka ini biasanya dengan dioleskan pada wajah secara teratur. kegunaannya untuk mencerahkan wajah sehingga tampak lebih putih, atau untuk mengurangi flek-flek hitam pada wajah dan menyamarkan kerutan-kerutan akibat penuaan dini pada muka.
Mengingat banyak sekali wanita di dunia ini yang menginginkan mempunyai wajah yang putih bersih dan berseri-seri, membuat banyak sekali pengusaha dan perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik membuat produk pemutih wajah. Bagi mereka kondisi ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Hal tersebut tentu tidak mungkin terlewatkan oleh oknum-oknum tertentu yang ingin mencari keuntungan besar dengan memproduksi krim pemutih muka dari obat-obatan kimia yang sebetulnya sangat berbahaya jika dipakai untuk wajah. Oknum tersebut menjual krim dengan harga yang relatif murah.

Pembuatan Pemutih wajah 

Beberapa pelaku bisnis pemutih muka ada yang menggunakan cara-cara yang ekstrim. Untuk menghasilkan produk pemutih muka yang cepat bereaksi mereka menggunakan bahan-bahan kimia keras dan bahan-bahan yang seharusnya bukan untuk kulit. Akibatnya jika di pakai dalam waktu lama dan terus menerus akan mengakibatkan iritasi pada kulit.
Iritasi tersebut bisa berupa peradangan dan pembengkakan serta terkadang bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit wajah seperti habis terbakar. Efek jangka panjangnya adalah bisa menyebabkan kanker kulit yang sangat membahayakan para penggunanya. Dengan keadaan itu sudah menjadi tugas BPOM untuk memberitahukan kepada masyarakat sesuatu hal yang berbahaya berkaitan dengan makanan minuman dan obat, termasuk kosmetik. Masyarakat pun harus belajar dan berhati-hati agar tidak terjebak dalam ketidaktahuan tentang efek samping dari sebuah barang.

Cara Mendapatkan Krim Pemutih Wajah

Pemutih wajah merupakan barang kosmetik yang mudah didapat. Barang tersebut bisa dibeli di tempat-tempat seperti : 
  • Pasar.
Di pasar banyak sekali pemutih wajah yang di jual dengan harga sangat murah. Hati-hati dengan situasi ini. Ternyata banyak sekali ditemukan kosmetik pemutih wajah yang tidak memiliki ijin produksi resmi dari BPPOM (Badan Pengawas dan Pengendalian Obat dan Makanan) alias illegal.
Pasar adalah tempat yang sangat strategis bagi para pemalsu produk untuk memasarkan barangnya. Biasanya pedagang kosmetik di pasar tertarik dengan harga modal dari produk tersebut yang jauh lebih murah dari produk aslinya. Jadi hati-hati lah kalau membeli krim muka di tempat ini.
  • Swalayan
Harga pemutih wajah di swalayan lebih tinggi dari pada yang di jual di pasar. Hal itu karena barang yang dijual sudah termasuk biaya PPN 10% dan dijamin menggunakan bahan-bahan yang aman untuk kulit, kecuali untuk yang memang alergi terhadap kandungan bahan-bahan kosmetik tertentu. Masyarakat yang membeli pemutih wajah di Swalayan sedikit merasa aman karena produk yang di jual tentu sudah melalui proses penelitian intensif dan quality control yang valid serta menyertakan ijin dan nomor registrasi produksi dari BPPOM, tanggal kadaluwarsanya juga jelas. Produknya tentu asli dari produsen langsung.
  • Dokter
Pemutih wajah yang dijual langsung oleh dokter kulit tentu saja lebih mahal harganya, di atas harga swalayan. Karena Dokter di sini bertanggung jawab penuh akan berhasil atau tidaknya proses terapi yang dilakukan. Dosis dan bahan-bahan yang digunakanpun juga disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan pasiennya.
  • Apotek
Pemutih muka yang dijual di apotek hampir sama dengan yang dijual di dokter-dokter kulit dan swalayan. Harga pemutih muka di apotek biasanya sangat relatif tergantung dari besar kecilnya apotek tersebut.
  • Salon kecantikan
Di salon-salon kecantikan harga yang ditawarkan hampir sama dengan dokter. Salonpun bertanggung jawab penuh jika ada keluhan-keluhan yang terjadi pada pasiennya. Tapi perlu diwaspadai oleh masyarakat apakah salon itu benar-benar solid, membuat dan meramu pemutih muka sendiri. Sudah ada ijin dari BPPOM atau tidak ? Atau hanya menjualkan produk dari sales yang datang.
  • Sauna dan Spa terapis
Tempat ini adalah tempat yang menawarkan perawatan tubuh dan kecantikan secara umum. Ada yang menyediakan pemutih muka atau hanya perawatan dan pembersihan agar kulit tampak sehat dan segar putih alami.Tidak mudah memang memilih produk pemutih muka yang sesuai dengan kulit wajah kita. Jadi lebih baik dan disarankan datanglah ke dokter kulit. Lakukan pemeriksaan dan gunakan krim sesuai dengan resep dokter kulit. 

Penggunaan Krim Pemutih Wajah.

Pemutih wajah bukan merupakan hal yang asing lagi bagi seorang wanita. Mereka yang biasa menggunakannya adalah ibu rumah tangga, karyawan baik kantor maupun pabrik, marketing atau SPG, artis, model, dan publik figur. Jenis yang digunakan dan cara untuk memutihkan wajah pada wanita yang satu dengan lainnya tentulah tidak sama. Ada berbagai cara yang dilakukan agar wajah putih berseri, misalnya : 
  • Cara alamiah dan sederhana.
Sebenarnya ada cara-cara merawat wajah yang alami dan bahan-bahan dari tumbuh-tumbuhan, buah-buahan dan satur-sayuran yang murah meriah tanpa efek samping yang berbahaya seperti krim pemutih wajah yang ada di pasaran. Sering-sering membersih muka baik untuk mengawali, ditengah-tengah dan setelahmelakukan aktivitas sehari-hari. Pakailah pelembab dan alas bedak sesudah mandi setelah itu baru memakai bedak.
Jika dilakukan rutin secara teratur. Wajah kita akan selalu tampak putih bersih dan kita tidak akan tampak kusut serta berkerut. Cara yang sangat sederhana bukan? Cocok untuk ibu-ibu dan remaja putri yang suka minimalis dan cara yang simple tidak repot atau ribet.
  • Cara kimiawi
Yang termasuk cara ini adalah menggunakan kosmetik dan perawatan tertentu seperti di salon-salon kecantikan, spa and beauty centre atau dokter kulit dan kecantikan. Di sini tentu mereka akan menggunakan bahan-bahan yang menurut mereka bisa memutihkan dan mencerahkan wajah pelanggan mereka.
  • Operasi plastik
Cara ini termasuk cara yang esktrem dalam usaha seseorang mengubah penampilan. Cara ini memerlukan banyak persiapan baik jasmani, rohani maupun material, karena membutuhkan waktu proses yang lama dan biaya yang sangat mahal. Yang harus diperhatikan adalah efek samping setelah operasi plastik itu selesai.
Biasanya wajah yang diputihkan dengan operasi plastik memerlukan perawatan yang sangat ketat. Pasien tidak boleh terpapar sinar matahari secara langsung dan tidak boleh terkena berbagai polusi. Jika sampai terkena paparan sinar matahari langsung, wajah hasil operasi tersebut bisa rusak dan bisa terlihat hancur.
Kecantikan memang sangat diperlukan bagi seorang wanita. Tujuan dan maksudnya juga berbeda-beda dengan yang lain. Misalnya keinginan untuk membahagiakan suami di rumah, tampil menawan di luar rumah saat kondangan, atau karena tuntutan dari pekerjaan yang mengharuskan mereka selalu tampil sempurna, cantik dan menarik. Sebenarnya semua tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali Tuhan Yang Maha Esa, termasuk kecantikan. Kecantikan yang hakiki pada seorang wanita bukanlah hasil dari obat pemutih wajah namun kecantikan yang sebenarnya itu adalah kemuliaan, kerendahan hati serta keikhlasan dalam menjalani hidup mereka, bukan dilihat dari fisik dan penampilan luar.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar