Sabtu, 16 Juni 2012

Gambar Wanita Cantik

 Melihat gambar wanita cantik merupakan satu kenikmatan tersendiri, terutama jika yang melihatnya adalah seorang pria. Sesama wanita saja bisa sangat senang menikmati gambar tersebut, apalagi pria. Hal ini disebabkan oleh keindahan wajah dan tubuh perempuan yang membuat semua orang senang menikmati keindahan tersebut.

Oleh karena itu, menjadi cantik selalu jadi tujuan seorang wanita dalam menjaga tubuh dan wajahnya.Banyak sekali wanita yang susah payah berdiet agar tubuhnya menjadi proporsional, atau bahkan kurus. Mereka juga tidak segan-segan mengeluarkan uang demi mempercantik wajah dan tubuh mereka.
Namun, terlalu sering melihat gambar wanita cantik ternyata tidak selalu memberikan kesenangan dan kebaikan. Ada hal-hal negatif yang juga bisa muncul apabila kita terlalu sering melihat gambar-gambar tersebut.

Barbie Fanatic

Melihat gambar wanita cantik berbentuk Barbie membuat kita senang melihatnya. Baik melihat wajahnya, tubuhnya, maupun koleksi bajunya yang menarik, unik, dan sangat glamor. Akan tetapi, menyukai Barbie dengan konsep yang berlebihan ternyata bisa membuat manusia menjadi lupa diri akan kodrat yang telah diberikan kepada mereka.
Beberapa wanita di dunia sangat tergila-gila akan kecantikan Barbie sehingga mereka rela melakukan apa saja asalkan bisa serupa dengan gambar wanita cantik yang mereka lihat di berbagai majalah dan poster-poster Barbie itu.
Bukan saja berpenampilan dan berpakaian seperti Barbie, para wanita yang tergila-gila dengan Barbie itu juga ada yang rela melakukan diet ketat sehingga wanita tersebut nampak seperti seorang anoreksia, serta melakukan berbagai operasi plastik agar wajah mereka terlihat serupa dengan boneka cantik itu.
Untuk menyerupai Barbie, hampir semua wanita yang freak terhadap Barbie itu mewarnai rambut mereka sesuai dengan warna rambut kebanyakan Barbie, yakni blonde. Sementara itu, untuk membuat wajah mereka mirip dengan Barbie, mereka juga rela melakukan suntik botoks serta operasi plastik pada bagian hidung agar terlihat lebih mancung dan kecil, bibir agar nampak ranum dan menggairahkan, serta pipi agar terlihat lebih berisi.
Yang lebih ekstrim lagi adalah salah seorang dari Barbie fanatic tersebut rela mencabut tulang iganya agar terlihat seperti pinggul dan pinggang Barbie. Padahal, operasi pencabutan tulang iga tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.
Banyak psikolog yang berpendapat bahwa para Barbie fanatic tersebut telah mengalami gangguan mental yang tanpa disadari membuat mereka haus akan kemiripan dengan idola mereka.Selain berbahaya untuk kesehatan, hal ini tentu saja berbahaya pula bagi kejiwaan mereka sehingga tidak disarankan untuk menyukai atau bahkan hanya melihat gambar wanita cantik, jika dilakukan secara berlebihan.

Dampak Gambar Wanita Cantik terhadap Orientasi Seksual

Selain menjadikan seseorang lupa diri dan terlalu terobsesi untuk menjadi serupa dengan apa yang mereka idolakan, gambar wanita cantik juga ternyata berpengaruh terhadap orientasi seksual manusia. Baik laki-laki maupun perempuan, akan mendapatkan dampak tersebut secara bertahap sehingga mereka tidak sadar bahwa perilaku seksual yang mereka lakukan didasarkan pada pengaruh gambar yang mereka lihat tersebut.
Salah satu dampak negatif dari terlalu sering melihat gambar wanita cantik adalah munculnya imajinasi seksual mengenai wanita tersebut sehingga membuat remaja, baik pria maupun wanita melakukan masturbasi.Perilaku seksual tersebut sama halnya dengan perilaku yang terjadi pada wanita pecinta Barbie.
Bedanya, para pelaku seksual ini lebih berorientasi kepada hasrat seksual dan imajinasi seksualnya daripada keinginan untuk menjadi apa yang mereka lihat.Perilaku lain yang juga mendapat pengaruh dari gambar wanita cantik adalah terjadinya perubahan orientasi seksual dari heteroseksual menjadi homoseksual.
Perilaku tersebut bisa saja muncul apabila wanita yang melihat gambar tersebut merasa dirinya tidak secantik wanita yang ada di gambar sehingga ia memutuskan untuk menjadi seperti pria saja.Dengan keputusan tersebut, tentu saja ada keinginan untuk kembali melihat gambar wanita cantik yang membuatnya semakin termotivasi untuk tidak menjadi wanita seutuhnya, dan lantas mencintai wanita cantik seperti yang terdapat dalam gambar.
Lagi-lagi dampak psikologis yang buruk tersebut muncul karena seseorang terlalu intens dan berlebihan saat memandang atau menikmati gambar wanita cantik. Itulah sebabnya, kita tidak boleh terlalu fanatik terhadap apapun yang ada di dunia ini. 

Gambar Wanita Cantik Sebagai Politik Entertainment

Selain menampilkan keindahan dari tubuh dan wajah wanita, gambar wanita cantik juga seringkali dipergunakan untuk kepentingan politik dan ekonomi.Dalam dunia entertainment, wanita cantik adalah asset yang sangat berharga untuk dijadikan komoditas dalam usaha menghibur.
Oleh karena itulah kenapa banyak sekali agensi model yang mencari wanita dengan wajah cantik dan tubuh yang proporsional.Dengan model yang cantik, banyak orang akan tertarik melihat, merasakan, atau menggunakan produk yang diiklankan. Mereka cenderung memiliki mitos yang kuat untuk bisa menyukseskan suatu usaha.
Misalnya saja, iklan properti atau otomotif banyak sekali yang menggunakan model wanita cantik untuk memikat kostumer. Hal ini dianggap sebagai sebuah politik dagang untuk membuat produk mereka dilirik banyak orang.Dengan melihat wanita cantik, seseorang akan merasa senang dan bergairah sehingga secara tidak sadar pikiran mereka dibombardir dengan kemewahan dan keindahan yang didapatkan dari citraan wanita cantik tersebut.
Tidak jarang pula para wanita cantik ini dihadirkan secara sensual sehingga terlihat begitu menggoda. Godaan inilah sebetulnya yang menjadi pemikat para kostumer sehingga mereka rela mengeluarkan uang untuk membeli kemewahan semu yang ditawarkan wanita-wanita dalam iklan.
Bahkan, dalam ikon putri dan miss Indonesia sendiri, wanita cantik sudah menjadi mitos bagi semesta kecantikan dan keberhasilan suatu Negara. Sebuah Negara yang mapan akan menghasilkan putri yang cantik, seksi, pintar, dan berperilaku baik.
Padahal, secara rasional, tidak ada korelasi yang jelas antara kecantikan, tubuh yang tinggi, dan pesona yang menggoda dengan kepintaran seseorang. Apalagi dengan kemajuan suatu Negara.Akan tetapi, hal tersebut nampaknya sudah menjadi tradisi pemikiran yang sulit untuk diganggu gugat sehingga untuk menjadi seorang duta yang mewakili negaranya supaya lebih maju, seorang wanita harus selalu tampil sempurna di mata seluruh umat manusia.
Kegagalan interpretasi seperti ini tidak dianggap sebagai kegagalan, melainkan sebuah keberhasilan yang tidak bisa dinilai secara faktual. Para pakar kecantikan sendiri pun telah menyempitkan makna kecantikan hanya sebatas fisik.
Banyak para produsen di dunia entertainment tetap memilih wanita cantik dibandingkan dengan wanita pintar tapi tidak terlalu cantik hanya karena nilai ‘kecantikan’ artificial telah melekat dalam kehidupan kita.
Gaya hidup glamor para wanita cantik dipercaya akan menjadi daya tarik yang tidak tertandingi dibandingkan dengan gaya hidup intelektual para wanita bersahaja. Oleh karena itu, untuk menguasai dunia hiburan, fashion, bahkan berbagai hal di luar itu, wanita cantik senantiasa dicari untuk dijadikan asset politik dagang mereka.
Sayangnya lagi, kebanyakan wanita setuju atau mungkin tidak sadar bahwa mereka setuju jika wanita cantik menjadi komoditas menjanjikan yang digunakan oleh berbagai pihak pelaku ekonomi untuk meningkatkan nilai jual dan beli produk mereka. Hampir seluruh iklan barang dan jasa menggunakan gambar wanita cantik untuk memikat para kostumer agar dengan segera mendatangi mereka dan membeli produk yang mereka tawarkan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar